Tutorial

Cara Migrasi Antar VPS Dengan Mudah dan Cepat

Cara migrasi data web ke server baru antar VPS pada OS linux (Ubuntu / Centos) menggunakan fitur rsync untuk pindah data baik file web atau database secara aman dan cepat.

Rsync biasanya saya gunakan untuk keperluan pemindahan file atau duplikasi antara server. Selain cepat prosesnya rsync cukup mudah untuk diterapkan bahkan untuk kita yang baru mengenalnya. Kita akan sangat merasa terbantu dengan Rsync. Untuk menggunakan Rsync kita perlu melakukan instalasi terlebih dulu diserver yang kita gunakan.

Berikut ini cara menginstall rsync (sesuaikan dengan server yang Anda gunakan).

Ubuntu:

apt-get install rsync

Centos:

yum install rsync

Silahkan tunggu hingga proses instalasi selesai biasanya hanya membutuhkan bebeberapa detik saja.
Selanjutnya kita perlu mempelajari dasar penggunakan Rsync. Studi kasus kita adalah saya akan memindahkan folder dengan nama apps dari server A dengan IP 64.86.23.123 ke server B dengan IP 65.87.24.124. Langkah yang harus kita lakukan adalah kita login ke server A (64.86.23.123) kemudian ketikan perinah berikut :

rsync -e ssh -av -P -z directory_asal_server_a [email protected]:/directory_tujuan_server_B

Contoh:

rsync -e ssh -av -P -z /var/www/html/apps [email protected]:/home/totorajo/apps

Ketika kita tekan enter akan diminta untuk input password untuk server tujuan. Silahkan inputkan dan kita tunggu saja maka dalam waktu singkat semua file dari server A sudah ada di server B sesuai directory yang ditentukan.

Next kita sambung dengan tahap-tahap yang lebih detail. Sampai tahap ini semua file web telah dipindah ke VPS baru. Demikian tutotial singkat saja untuk saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.